Laut & Kebohongan-kebohongan

Laut apa yang tengah kita arungi?

Selepas indahnya pantai, katanya, akan banyak ombak besar mengerikan. Mereka yang punya daya lebih dari cukup untuk menghantam dan memisah-misahkan—menjauhkan ragamu dari pelukku. Tapi itu katanya, bukan nyatanya. Sebab kata-kata memang tak selalu nyata. Sebagian besar dari mereka hanyalah bualan, atau, barangkali semacam ketakutan pribadi yang ingin ditularkan.

Mereka yang suka menularkan ketakutan, seperti seorang anak yang karena terlalu banyak menonton film horror, ketakutan saat melewati kuburan. Lalu ia mengarang-ngarang cerita tentang hantu gentayangan yang dibangun dari hasil imajinasinya sendiri untuk membuat teman-temannya ikut merasakan ketakutan itu. Agar ia tak sendiri. Dan tentu bisa kita mengerti: tak ada manusia yang benar-benar mencintai kesendirian.

Maka memang tak semua cerita perlu kita percaya. Tak semua nasihat perlu kita dengarkan. Dan tak semua petunjuk perlu kita ikuti. Kadang-kadang kita hanya perlu merenung sambil mengira-ngira, meminta keyakinan dari-Nya, lalu melangkah saja tanpa perlu banyak bicara.

Sebab pada akhirnya, samudera memang tak perlu mengatakan dirinya luas.

Depok, 25 Februari 2015

sdsds

SaveSave

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

13 thoughts on “Laut & Kebohongan-kebohongan”

  1. “Sebab pada akhirnya, samudera memang tak perlu mengatakan dirinya luas” kalimat kunci dari tulisan ini. Karena bukan apa yang kita katakan melainkan apa yang orang lain rasakan terhadap apa yang tidak perlu kita katakan itu. Luar biasa Azhar… tulisan yang menghanyutkan dan memaksa untyuk bernalar… sukses selalu !

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s