Menikah, Membangun Jannah dengan Kasih Sayang

“Aku bersegera kepada-Mu, ya Rabbku, agar Engkau ridha (kepadaku).” QS Thaha: 84

 Sebuah Pengantar

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum: 21)

Jannah, sebuah model kehidupan yang diibaratkan sebagai ‘sebuah taman merindang penuh kepuasan’, bukan cuma kehidupan yang didambakan di akhirat kelak, melainkan juga di dunia. Itu sebabnya Rasulullah mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa “Rabbana atina fidunya hasanah wa fil akhirati hasanah…”, Ya Allah, berikanlah aku kehidupan yang baik di dunia dan kehidupan yang baik di akhirat…

Apa yang disebut Jannah, khususnya yang kekal di akhirat kelak, tentu (sesuai sabda Rasulullah) adalah satu model kehidupan yang—saking indahnya—kita tak akan pernah sanggup membayangkannya. Namun demikian, kehidupan dunia yang singkat ini adalah satu-satunya kesempatan untuk bisa mewujudkannya, sehingga amat merugi bila kita menyia-nyiakannya.

surat

“Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya.” (QS Al-Bayyinah: 8)

Jadi kehidupan Jannah, seperti difirmankan Allah dalam Surat Al-Bayyinah ayat 8 tersebut, adalah satu balasan, satu anugerah, satu konsekuensi bagi orang-orang yang takut kepada Allah dalam arti melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kehidupan Jannah akan terwujud ketika kita ridha terhadap Allah (menjalankan hidup sesuai dengan pedoman-Nya yakni Al-Quran yang dicontohkan implementasinya dalam hidup oleh Rasulullah) dan Allah ridha kepada kita. Ini juga sesuai apa yang difirmankan Allah dalam Surat Ad-Dzariyat ayat 56, bahwa tidak diciptakan manusia dan jin kecuali untuk mengabdikan hidup kepada Allah.

Ditegaskan kembali, bahwa untuk mewujudkan satu kondisi ‘kita ridha kepada Allah dan Allah ridha kepada kita’, yang harus kita lakukan adalah mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Mengikuti segala perintah-Nya, termasuk perintah yang difirmankan dalam Surat An-Nur ayat 32: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui.”

Jadi menikah—di atas segala manfaat dan hikmahnya—adalah satu bentuk keridhaan terhadap perintah Allah sekaligus satu upaya untuk mendapat ridha Allah.

Betapa indah apa yang digambarkan Allah dalam Surat Ath-Thur ayat 21 dan ayat-ayat setelahnya, tidakkah kita begitu ingin mewujudkannya?

“Dan orang-orang yang beriman, beserta anak-cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak-cucu mereka (di dalam kehidupan Jannah), dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thur 21)

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

11 thoughts on “Menikah, Membangun Jannah dengan Kasih Sayang”

  1. Alhamdulillah.. Barakallah kak azhar, selamat ya utk pernikahannya dgn kak vidia.. 🙂
    Smoga menjadi keluarga yg sakinah mawadah warahmah.. آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
    Smoga Allah SWT slalu melimpahkan kebahagiaan & ridho-Nya,. Serta di mudahkan & lancar pda pernikahannya nanti.. 0:) saya ikut bahagia

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s