Finding Ourselves (3)

………

IQF Office Bookshelf by @YsGunawan
IQF Office Bookshelf by @YsGunawan

Saya mulai berani mencoba hal-hal baru: saya ikuti kegiatan-kegiatan yang menantang, saya luangkan waktu secara sengaja untuk betemu dan bicara dengan banyak orang, saya mulai membaca blog dan buku. Terutama setelah saya membaca beberapa buku, akhirnya saya tahu mengapa bapak (ayah saya) begitu kutu buku. Saya menemukan hal baru, belajar banyak hal, dan juga belajar bahagia dengan hal-hal yang sederhana dengan membaca buku. Saya menjadi lebih percaya diri untuk mengemukakan ide dan pendapat, lebih yakin saat bicara di depan banyak orang, dan punya lebih banyak bahan obrolan ketika bertemu orang setelah saya membaca buku. Ah, betapa berjasa para penulis—betapa berartinya mereka.

Banyak hal dalam hidup saya, mulai dari cara pandang dan cara saya menjalani hidup yang berubah ke arah lebih positif karena buku—tentu termasuk penulisnya. Budi mereka harus dibalas. Apakah saya harus mengirimi para penulis dari buku-buku yang saya baca itu hadiah satu persatu? Apakah saya perlu mencari kontak mereka satu-satu lalu ucapkan terima kasih? Saya kira tidak memungkinkan dan tidak terlalu berguna. Pasti ada cara lain yang lebih keren untuk membalas budi mereka.

Saya mulai menulis. Tentang apa saja yang saya tahu, saya rasa, dan saya bayangkan. Saya bercerita tentang makna hidup, tentang apa yang saya lakukan kemarin, hingga tentang perasaan jatuh cinta yang begitu mendera. Saya menulis apa saja. Tapi bagaimana mungkin saya tahu tulisan saya berarti atau tidak kalau tidak ada yang membaca? Maka saya membuat blog, mulai dari blog opera, blogspot, wordpress, dll (hingga kini saya gunakan wordpress dengan domain sendiri) kemudian mem-publish tulisan-tulisan saya di sana.

Ada pembaca yang membuat saya yakin tulisan saya tidak sia-sia. Ada apresiasi yang membuat saya merasa lumayan berarti. Ada kritik yang membuat saya tak boleh berhenti belajar. Kesemuanya membuat saya begitu ketagihan. Saya juga mulai menulis tema lain semisal isu-isu sosial dan pendidikan. Semakin lama, saya merasa diri saya begitu kuat ketika menulis, berarti, ingin mengulanginya terus menerus, dan yang pasti senang. Setiap ada waktu luang, saya selalu sempatkan menulis dan meng-update blog. Inikah yang orang-orang biasa sebut dengan istilah passion?

berlanjut ke Finding Ourselves (4)

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

19 thoughts on “Finding Ourselves (3)”

  1. setuju,, menulis itu seperti mengeluarkan seluruh kemampuan yang kita punya, ide- ide, harapan, tujuan, cita- cita, bahkan salah satu yang saya tau menulis bisa mengeluarkan penyakit – penyakit hati.. menulis bagaikan cara lain kita berekspresi dan berimaji, menulis layaknya berbahasa dengan gaya berbeda.. sedangkan membaca adalah kunci dari kehidupan seperti yang difirmankan oleh Allah SWT pada qur’an surah Al ‘Alaq ayat 1 yang berbunyi ” Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan” diikuti dengan beberapa ayat selanjutnya yang mana Allah menyuruh kita untuk bisa membaca.. Subhanallah ya membaca dan menulis itu jika di cermati banyak manfaatnya.. semangatt salam pena 🙂

  2. Menulis bisa dijadikan sarana kicauan yang tak bisa kita ungkapkan lewat mulut. Kita merasa bebas dan menghilangkan beban berat dalam dada ketika kata2 itu berhasil terungkap dalam tulisan.

  3. Assalamualaikum. Halo, salam kenal :D. Saya Devi, anak UI 2008. Saya baruu bgt nemu blog Azhar. Dan sy ngerasa kayak nemu harta karun yang terlewatkan :). Saya bersyukur banget…. Apa yang Azhar tulis bikin saya merenung…. Semoga saya juga bisa seperti Azhar, jadi penulis yang terus memperbaiki dirinya, supaya tulisan saya lebih baik lagi. Terima kasih atas tulisan-tulisan kamu yang memotivasi :). Barakallah!

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s