Kebahagiaan

Pernahkah kau bayangkan, setelah pelayaran panjang penuh aral ini, ke mana kelak akan kau labuhkan hidupmu? Akankah dirimu (di)sampai(kan) pada pulau yang benar-benar kau tuju, yang kau harap betul apa-apa yang ada di sana bisa menyenangkan hatimu? Atau hanya akan sampai pada pulau tandus tak berpenghuni, yang hanya berisi tulang belulang peninggalan orang-orang sebelummu yang rasa-rasanya sudah termasuk ke dalam kategori hebat bila sempat bertahan di sana setengah hari?

Kita tidak pernah tahu, bukan?

Cita-cita, tujuan, mimpi, atau sinonim apapun yang bisa mewakili keinginan-keinginan besarmu boleh jadi memang terlihat sangat indah dan menggiurkan. Bisa membayangkannya saja sudah terlalu luar biasa: setiap hari hanya ada senyum, tawa, dan selalu bahagia. Tapi cita-cita, tujuan, mimpi, atau sinonim apapun yang bisa mewakili keinginan-keinginan besarmu itu tetap saja adalah hal yang belum tentu dapat kau wujudkan, belum pasti dapat kau gapai. Sementara apa yang kini sedang kau jalani adalah hal pasti yang tengah terjadi.

Maka bermimpilah yang tinggi, semulia-mulia mimpi. Gantungkan cita-citamu di langit terjauh yang bahkan tak pernah ditemukan oleh astronom manapun. Tapi jangan pernah lupa untuk tengok sekelilingmu: wajah-wajah ramah yang makin indah bila kau sapa, tangan-tangan lembut yang menanti untuk kau jabat, senja jingga yang selalu berpose ayo-potret-aku, juga sebungkus malam syahdu yang selalu menunggu dengan lugu. Dan entah berapa triliyun hal indah lainnya—yang menanti pelukan atau sentuhan hangat tanganmu.

Sepanjang pelayaran panjang ini, Tuhan tak pernah melarang kita untuk memancing ikan atau memotret matahari terbenam, kan?

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

4 thoughts on “Kebahagiaan”

    1. Pertanyaan itu hanya diucapkan oleh orang2 pesimis..
      Seharusnya kita bertanya.. “Apa yg seharusnya dilakukan agar tidak terdampar dipulau tandus tak berpenghuni”

      Kemungkinan buruk memang sangat mungkin terjadi.. Tapi selama hal itu belum terjadi lakukan yg terbaik hari ini agar cita-cita, tujuan, mimpi atau sinonim apapun yang bisa mewakili keinginan keinginan besarmu itu bisa terwujud.

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s