Bila Kau Percaya

Bila kau percaya:

Akan ada saat dalam hidupmu di mana menyerang menjadi strategi bertahan yang terbaik. Jangan langsung percaya, sebab ini mungkin bukan teori perang dari Sun Tzu. Sila kau alami sendiri. Terus membatu di balik tameng mungkin akan membuatmu terus hidup, tapi kau tidak benar-benar hidup. Sebagian nyawamu telah kau tukar dengan—barangkali—semacam anestesi yang membiusmu: membuatmu tak sadar bahwa bukan untuk itu sejatinya kau diciptakan dan hidup.

Akan ada masa dalam perjalanan panjang kehidupanmu ketika kau dipaksa untuk—mau tak mau dengan berbagai pertimbangan yang entah matang atau mentah sejadi-jadinya—menangis dan meringis, seberapa kuatpun dirimu—yang barangkali itu hanya anggapanmu. Karena membendung air mata adalah derita. Dan diam pura-pura menahan sakitnya luka adalah neraka.

Akan ada sejumput waktu ketika diam-diam semacam senyawa rindu dalam dirimu bereaksi. Saat kau padukan bola matamu dengan atraksi yang dilakukan oleh hujan, bulan yang tenggelam, atau jalan setapak di tengah semak. Pada saat itu, demi bumi yang tak pernah berhenti berputar, kau akan bersikeras untuk menyirnakan rindu dengan mendatangkan temu. Setelah itu kau akan sadar, kadang rindu lebih indah dari apapun, bahkan dari temu yang kau damba itu sendiri. Sebab tampaknya Tuhan juga mencipta magis: tautan-tautan premis yang tak logis.
Benarkah kita harus menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri? Menyikapi dunia yang gila ini tanpa pretensi. Dengan kepercayaan penuh akan kekuatan diri dan doa membiarkan saat-saat ketakutan, kesedihan, dan kerinduan itu hadir dan beranjak begitu saja.
Ah, begitukah seharusnya?

Barangkali bukan.
Tapi, apa rasanya hidup diburu neraka?
Terus bernafas padahal kau tahu sia-sia.

telah-dibukukan

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s