Dear Bumi

Dear Bumi…

Katanya, hari ini adalah punyamu. Satu dari tiga ratus enampuluhan hari dalam satu tahun yang didedikasikan untuk menghormatimu. Memanjakanmu. Aku bilang begini, khawatir kamu belum tahu. Tapi mudah-mudahan sudah.

Sebenarnya sulit bagiku menebak apa di pikiran Gaylord Nelson saat mengusulkan supaya hari ini diberikan saja padamu. Apalagi diminta menebak isi kepala dua puluh jutaan demonstran yang memadati Fifth Avenue di dua puluh dua April empat puluh dua tahun silam. Tapi sudahlah, aku percaya saja. Toh, orang-orang pun begitu. Di era demokrasi, kebenaran ditentukan banyaknya suara bukan? Spesial untuk hal ini, biar kuredam ketidaksepakatanku akan konsep tersebut.

Katanya hari ini adalah punyamu. Seperti aku yang bebas melakukan apapun pada sepatuku: menyemir, merendam, atau membuangnya. Mestinya kamu pun bebas melakukan apa saja yang kamu mau di hari ini. Meletuskan gunung-gunung, menanduskan ladang-ladang, atau barangkali menggetarkan dirimu hingga terjadi sesuatu yang biasa disebut gempa. Kamu bebas melakukan apapun di hari ini, karena hari ini punyamu.

Lakukan saja apa yang kamu sukai hari ini. Bukankah ini saat yang tepat untuk membalas dendammu pada mahluk-mahluk yang dengan sengaja melukaimu? Menderamu tanpa batas. Menyiksamu tanpa ada secuil peduli. Ayolah, hari ini bukan punyaku, punya mereka, atau siapapun selain kamu. Jadi tunggu apa lagi.

Bumi, suara apa itu? Kamu sedang berbisik?

Hari ini boleh saja jadi punyaku. Tapi aku bahkan bukan punyaku.

Apa maksudmu, Bumi?

Berhentilah menghasutku, aku bukan punyaku.

Lalu?

Kuasaku ada di bawah kuasa-Nya

Siapa?

Kau buta atau terlampau bodoh?

Apa maksudmu?

Allah. Dialah yang mengatur semuanya. Aku ada untuk tunduk patuh atas kehendak-Nya. Kalau kau mau aku melakukan bencana-bencana yang tadi kauminta, hasut saja Dia.

Bagaimana bisa?

Terus saja siksa aku.

Depok, 22 April 2012
~ Katanya Hari Bumi

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

One thought on “Dear Bumi”

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s