Mahadaya Keangkuhan

Aku tak tahu apakah alam benar-benar berbahasa. Seperti manusia: saling menyapa, saling bicara. Yang pasti, ada yang lain dengan hujan kemarin sore. Angin yang lebih kencang, rintik yang lebih lebat, dan petir yang menyambar bergantian tanpa pengertian. Mengingatkanku pada sejarah: banjir bandang di zaman Nabi Nuh, longsornya bebatuan di zaman Nabi Luth, atau badai pasir yang menyelimut di masa Nabi Hud. Mungkinkah itu isyarat?

Selama ini, aku hanya punya dua sudut pandang dalam melihat apa yang ditunjukkan oleh alam. Pertama, apa yang mereka lakukan adalah ujian. Kedua, itu merupakan hukuman. Atau barangkali keduanya tidak perlu dipisahkan, ujian sekaligus hukuman. Salah satu maupun keduanya pada akhirnya mencoba membawa kita pada dataran kesadaran. Sebagian dari kita sampai ke sana, sebagian lagi hilang dalam perjalanan. Tidak lama kemudian, sebagian dari sebagian yang sampai akan mulai tidak betah, lalu mencari jalan pulang, lalu pulang.

Aku tidak mau naif. Aku tidak ingin keduanya: ujian maupun hukuman. Tapi firman yang Maha Kuasa gamblang menegaskan: belum beriman kita bila belum diuji. Semoga kita termasuk kepada sebagian yang sampai pada kesadaran. Kemudian dengan senyum mengembang dan mata yang teduh, hati ini bisa mengucap terima kasih pada alam.

Mungkin alam memang tidak ingin berbahasa. Hanya saja, kerendahan hatinya membuat ia sepenuhnya menjalankan apa yang dimau oleh Yang Maha Kuasa. Alam hanya menjalankan tugas penciptaan. Dan sejatinya itu bukan sekedar ‘hanya’. Karena nyatanya kita belum bisa sepenuhnya. Seperseribunya pun aku ragu.

Kenapa? Karena dalam diri kita bersemayam sebuah dzat mahahalus sampai-sampai tiada kita sadari keberadaannya. Kita biasa menyebutnya ‘keangkuhan’.

gambar dari sini

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s