(bukan) Budak Dunia

Dunia punya beragam janji pada manusia. Partikel-partikel kepuasan yang biasa disebut mimpi, atau seringkali disebut ambisi. Untuknya, dua puluh empat jam dalam sehari raga bisa dipaksa. Bibir-bibir polos yang harusnya lugu jadi penuh gincu. Berbagai macam model topeng dari berbagai bahan—besi, baja, kayu, plastik, tembikar, emas, tepung kanji, batu pahatan—dikenakan, dibawa kemana-mana, sampai kadang lupa dilepas.

—untuknya, cinta bisa kehilangan makna.

Dunia punya banyak hal yang memukau tapi tak terjangkau. Lalu kamu mulai berilusi. Bicara tentang pelangi di malam hari. Tentang memeluk inti bumi. Tentang planet-planet tak bernama untuk ditempati. Kamu mengkhayal tentang istana megah nan indah di kayangan, tempat bidadari lalu lalang berkeliaran. Kamu banyak berilusi.

Kamu ingin jadi rumput yang paling hijau. Yang selalu dihormati dan dikagumi, dipercaya lalu diikuti. Dengan itu kamu barangkali bisa bahagia. Barangkali.

Pahami dan mengertilah. Rahasia kepuasan sejati bukan terletak pada segala daya upaya kamu yang luar biasa untuk memenuhi semua keinginan, melainkan belajar untuk puas dengan yang kamu punya. Kamu cuma butuh sejumput garam untuk membuat sup kamu lebih sedap, bukan lautan se-hindia.

Bukan berarti kamu tak boleh punya mimpi. Mimpi itu oksigen yang membuat api hidupmu tetap hidup. Bermimpilah semulia-mulia mimpi. Jadilah diri sendiri, patuhi Ia Yang Maha Suci, lalu rasakan seluruh alam memberikan penghormatan atas dedikasimu untuk sebuah status mahamulia bernama kemerdekaan. Kamu bukan budak dunia.

telah dibukukan

gambar diambil dari sini

Published by

Azhar Nurun Ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s