Arti Kemerdekaan

by Azhar Nurun Ala

Tanyakanlah arti kemerdekaan pada para pahlawan… Kemudian tunggu sampai mereka memberikan jawaban atau hanya sekedar tatapan. Dari balik jiwanya mungkin mereka ingin bilang: Kemerdekaan dulunya hanya sebuah harapan. Lebih dalam lagi adalah senyuman yang lahir dari rahim pengorbanan, simbol dari keikhlasan dan kelegaan.

Tanyakanlah arti kemerdekaan pada penggembala. Akan kau dapati padang yang luas, rumput yang hijau, dan burung-burung yang berkicau. Akan kau temui pohon besar yang rindang, angin sepoi-sepoi, atau suara-suara khas kambing.
Tanyakanlah arti kemerdekaan pada daun-daun. Kemerdekaan adalah waktu. Waktu yang memberikan mereka kesempatan untuk menguning kemudian jatuh ke tanah, kadang harus terbang terbawa angin.

Tanyakanlah arti kemerdekaan pada ibumu… Mungkin bagi beliau kemerdekaan adalah ketika ia bisa melihatmu tumbuh atau sekedar mengamatimu bermain.

Tanyakanlah arti kemerdekaan pada ayahmu… Dia akan bilang: Aku merdeka saat keluarga kita sejahtera, kau belajar dengan baik, kita bisa makan, dan adik-adikmu punya mainan.

Tanyakanlah arti kemerdekaan pada Bapak Presiden… Apalah artinya? Hanya pidato-pidato kenegaraan. Sahutan-sahutan tepuk tangan. Barisan-barisan putih yang bergerak serempak membawa bendera. Atau lontaran-lontaran protes ribuan demonstran.

Tanyakanlah arti kemerdekaan padaku. Aku akan bilang: “Kemerdekaan adalah ruang cinta. Ruang di mana kita bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan, dan di ruang itu kita berkarya”

About these ads